TUGAS : PENERAPAN MODEL BISNIS PADA PERUSAHAAN


Tugas ke-1 : Silahkan Anda ceritakan contoh penerapan model bisnis pada perusahaan maksimal 500 kata. Berikan penjelasan singkat dan komponen-komponen penting dari bisnis model perusahaan tersebut.


23 responses to “TUGAS : PENERAPAN MODEL BISNIS PADA PERUSAHAAN”

  1. DelivKu Apps “We Delivery Everything You Need!”

    Kelas : MB-SSBD1-B
    Nama Anggota :
    M. Rynaldi Faisal AK / 1401140426
    Aulia Shalmaa Putri R. / 1401144385
    Rahmi Kamilia / 1401140096
    M. Faried Baharuddin / 1401140041
    Rizky Eka Wahyu N. / 1401140077

    WHAT : DelivKu adalah aplikasi mobile sejenis E-Commerce yang menyediakan semua jenis barang kebutuhan mahasiswa yang dapat dibeli secara online dan langsung diantar sampai depan pintu kosan oleh kurir Delivku yang disebut Deliv Man. Barang yang ditampilkan di DelivKu adalah barang dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dengan radius 2KM dari kampus. Jika biasanya hanya makanan yang bisa dibeli secara delvery, DelivKu menyediakan semua jenis barang kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti alat tulis kerja, bahan makanan mentah, pulsa, paket kuota internet, alat rumah tangga dan peralatan mandi.

    Ongkos kirim di DelivKu sangat terjangkau bagi mahasiswa, yaitu hanya Rp 2.000,00- per order yang dibayar langsung bersama orderan saat kurir mengantar barangnya. Dengan system online terintegrasi dan jaminan waktu antar hanya 20 menit, DelivKu akan membantu pengembangan UMKM disekitar kawasan kampus, sekaligus membantu mahasiswa mendapatkan segala kebutuhannya secara instan melalui layanan delivery.

    WHY : Area sekitar kampus dipadati oleh mahasiswa dan UMKM yang menjajakan jualannya kepada mahasiswa. Saat ini, mahasiswa banyak yang membeli barang secara Delivery, tetapi mayoritas UMKM tersebut belum punya fasilitas delivery akibat biaya SDM khusus delivery yang mahal, jika setiap UMKM harus punya pegawai delivery sendiri. Walaupun beberapa UMKM sudah memiliki fasilitas delivery, fasilitas dari UMKM tersebut tidak efektif dan efisien karena memakan waktu antaran yang lama mencapai 60 menit, cara pemesanan yang rumit dan sering kali barang yang datang tidak sesuai pesanan. Penggunaan layanan jasa kurir lain seperti Gojek pun dinilai tidak solutif bagi mahasiswa karena ongkos kirim yang mahal mencapai Rp 25.000,00-.

    HOW : Jasa DelivKu bekerja dengan cara :
    – Customer memilih dan menginput barang yang ingin dibeli
    – Kurir menerima notifikasi data orderan customer
    – Kurir mengambil dan membeli barang orderan customer
    – Kurir mengantar barang ke customer
    – Customer menerima barang dan membayar barang ditambah biaya jasa ke kurir

    WHO : Mahasiswa yang tinggal di kostan/asrama sekitar wilayah kampus.

    WHEN : Timeline DelivKu
    – Pengembangan Aplikasi : September-Oktober 2016
    – Pengisian Produk : Oktober-November 2016
    – Launching Delivku : Desember 2016

    Jam Operational
    06:00 – 24:00

    WHERE : Bisnis DelivKu akan dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kampus besar di Seluruh Indonesia, dengan pilot project di Telkom University, Bandung.

  2. WHAT : DelivKu adalah aplikasi mobile sejenis E-Commerce yang menyediakan semua jenis barang kebutuhan mahasiswa yang dapat dibeli secara online dan langsung diantar sampai depan pintu kosan oleh kurir Delivku yang disebut Deliv Man. Barang yang ditampilkan di DelivKu adalah barang dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dengan radius 2KM dari kampus. Jika biasanya hanya makanan yang bisa dibeli secara delvery, DelivKu menyediakan semua jenis barang kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti alat tulis kerja, bahan makanan mentah, pulsa, paket kuota internet, alat rumah tangga dan peralatan mandi.

    Ongkos kirim di DelivKu sangat terjangkau bagi mahasiswa, yaitu hanya Rp 2.000,00- per order yang dibayar langsung bersama orderan saat kurir mengantar barangnya. Dengan system online terintegrasi dan jaminan waktu antar hanya 20 menit, DelivKu akan membantu pengembangan UMKM disekitar kawasan kampus, sekaligus membantu mahasiswa mendapatkan segala kebutuhannya secara instan melalui layanan delivery.

    WHY : Area sekitar kampus dipadati oleh mahasiswa dan UMKM yang menjajakan jualannya kepada mahasiswa. Saat ini, mahasiswa banyak yang membeli barang secara Delivery, tetapi mayoritas UMKM tersebut belum punya fasilitas delivery akibat biaya SDM khusus delivery yang mahal, jika setiap UMKM harus punya pegawai delivery sendiri. Walaupun beberapa UMKM sudah memiliki fasilitas delivery, fasilitas dari UMKM tersebut tidak efektif dan efisien karena memakan waktu antaran yang lama mencapai 60 menit, cara pemesanan yang rumit dan sering kali barang yang datang tidak sesuai pesanan. Penggunaan layanan jasa kurir lain seperti Gojek pun dinilai tidak solutif bagi mahasiswa karena ongkos kirim yang mahal mencapai Rp 25.000,00-.

    HOW : Jasa DelivKu bekerja dengan cara :
    – Customer memilih dan menginput barang yang ingin dibeli
    – Kurir menerima notifikasi data orderan customer
    – Kurir mengambil dan membeli barang orderan customer
    – Kurir mengantar barang ke customer
    – Customer menerima barang dan membayar barang ditambah biaya jasa ke kurir

    WHO : Mahasiswa yang tinggal di kostan/asrama sekitar wilayah kampus.

    WHEN : Timeline DelivKu
    – Pengembangan Aplikasi : September-Oktober 2016
    – Pengisian Produk : Oktober-November 2016
    – Launching Delivku : Desember 2016

    Jam Operational
    06:00 – 24:00

    WHERE : Bisnis DelivKu akan dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kampus besar di Seluruh Indonesia, dengan pilot project di Telkom University, Bandung.

  3. Nama anggota kelompok:
    – Ega Mahendra (1401144009)
    – Khalila Khairunnisa (1401144264)
    – Lintang Sukma H (1401144257)
    – Rizka Amalia (1401142038)
    – Vania Fitriani (1401144165)
    – Widya Melati A (1401144016)

    Kelas : MB-SSBD1-B

    Contoh penerapan model bisnis pada perusahaan Cotton Ink

    -WHAT
    Produk apa yang akan dibuat? Perusahaan yang kami analisis yaitu Cotton Ink. Cotton Ink merupakan label lokal pakaian wanita. Filosofi Cotton Ink sejak awal adalah ‘Casual with a twist’. Maka dari itu, model pakaian yang dijual oleh Cotton Ink yaitu yang minimalis, modern, dan simple. Label Cotton Ink memulai debutnya melalui online yang didirikan oleh Ria bersama Carline Darjanto pada tahun 2008 melalui Facebook dan Blogspot. Mereka memulai koleksi printed tees dan aksesori berupa shawl multifungsi. Di tahun 2011, mereka membuka website store pertama, dan merilis koleksi pakaian siap pakai untuk perempuan.

    -WHY
    Mengapa produk itu dibuat? Pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, terlebih untuk wanita yang sangat memperhatikan dan menjaga setiap penampilannya. Dunia fashion memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan setiap individu, maka dari itu Carline Darjanto dan teman semasa SMP-nya yaitu Ria Sarwono membuat merk Cotton Ink di akhir November 2008. Dengan bekal ilmu dan pengalamannya mereka kemudian sukses mengembangkan Cotton Ink menjadi produk ternama dan bahkan telah menjadi ikon baru di bisnis fashion wanita.

    -HOW
    Bagaimana membuat produk? Cara membuat produk clothing Cotton Ink antara lain, membuat model atau desain seperti apa untuk pakaian yang akan dibuat. Setelah model sudah fix, maka Cotton Ink menyiapkan atau membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah desain dan bahan sudah terkumpul, lalu Cotton Ink serahkan ke penjahit kepercayaan untuk membuat baju tersebut.

    -WHO
    Siapa pasarnya/pembelinya? Target pasar bisnis Cotton Ink adalah wanita berusia 20-25 tahun sebagai target utama yang memiliki selera fashion yang minimalis. Wanita memang pada dasarnya mudah tertarik dengan sebuah benda unik dan lebih klopnya lagi suka dengan berbelanja. Jadi tidak usah memakai cara yang rumit, asalkan mereka tertarik bisa jadi membuat mereka ingin membeli produk itu. Wanita memiliki hasrat untuk membeli barang bukan karena dibutuhkan tapi sering karena merasa suka dengan barang tersebut. Ketika mereka tertarik dengan suatu benda ada beberapa hal yang membuat mereka tertarik. Mulai dari bentuknya yang unik dan lucu, harganya yang murah ataupun tergoda dengan rayuan pembeli.

    -WHEN
    Kapan produk itu harus dibuat? Cotton Ink membuat produk ini sebelum adanya orderan dari pelanggan. Jadi, Cotton Ink mendesain sendiri model baju yang akan dijualnya. Cotton Ink membuat baju dengan stock yang tidak terlalu banyak, tetapi jika baju itu sudah soldout dan masih banyak peminatnya mereka akan me-restock baju tersebut.

    -WHERE
    Dimana produk akan dibuat atau dimana bisnis akan dilakukan? Cotton Ink memasarkan produknya melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, tumblr dan pinterest. Cotton Ink pun memiliki website yaitu http://www.cottonink.co.id . Selain melalui media sosial, produk Cotton Ink pun tersebar di beberapa kota besar Indonesia melalui toko-toko offline, jika di Jakarta terdapat di Goods Dept, Pacific Place, dan memiliki toko sendiri yaitu di Jalan Kemang Timur Raya No.74 C. Jika di Bandung terdapat di ESTplus, Widley Project dan Happy Go Lucky. Sedangkan di Surabaya konsumen bisa mendapatkan produk Cotton Ink di butik ORE. Selain pasar dalam negeri Cotton Ink pun sudah mendapatkan pesanan dari Singapura, Malaysia, Australia dan Eropa melalui website Cotton Ink.

  4. Nama anggota kelompok:
    – Ega Mahendra (1401144009)
    – Khalila Khairunnisa (1401144264)
    – Lintang Sukma H (1401144257)
    – Rizka Amalia (1401142038)
    – Vania Fitriani (1401144165)
    – Widya Melati A (1401144016)

    Kelas : MB-SSBD1-B

    Contoh penerapan model bisnis pada perusahaan Cotton Ink

    -WHAT
    Produk apa yang akan dibuat? Perusahaan yang kami analisis yaitu Cotton Ink. Cotton Ink merupakan label lokal pakaian wanita. Filosofi Cotton Ink sejak awal adalah ‘Casual with a twist’. Maka dari itu, model pakaian yang dijual oleh Cotton Ink yaitu yang minimalis, modern, dan simple. Label Cotton Ink memulai debutnya melalui online yang didirikan oleh Ria bersama Carline Darjanto pada tahun 2008 melalui Facebook dan Blogspot. Mereka memulai koleksi printed tees dan aksesori berupa shawl multifungsi. Di tahun 2011, mereka membuka website store pertama, dan merilis koleksi pakaian siap pakai untuk perempuan.

    -WHY
    Mengapa produk itu dibuat? Pakaian sudah menjadi kebutuhan pokok setiap manusia, terlebih untuk wanita yang sangat memperhatikan dan menjaga setiap penampilannya. Dunia fashion memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan setiap individu, maka dari itu Carline Darjanto dan teman semasa SMP-nya yaitu Ria Sarwono membuat merk Cotton Ink di akhir November 2008. Dengan bekal ilmu dan pengalamannya mereka kemudian sukses mengembangkan Cotton Ink menjadi produk ternama dan bahkan telah menjadi ikon baru di bisnis fashion wanita.

    -HOW
    Bagaimana membuat produk? Cara membuat produk clothing Cotton Ink antara lain, membuat model atau desain seperti apa untuk pakaian yang akan dibuat. Setelah model sudah fix, maka Cotton Ink menyiapkan atau membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah desain dan bahan sudah terkumpul, lalu Cotton Ink serahkan ke penjahit kepercayaan untuk membuat baju tersebut.

    -WHO
    Siapa pasarnya/pembelinya? Target pasar bisnis Cotton Ink adalah wanita berusia 20-25 tahun sebagai target utama yang memiliki selera fashion yang minimalis. Wanita memang pada dasarnya mudah tertarik dengan sebuah benda unik dan lebih klopnya lagi suka dengan berbelanja. Jadi tidak usah memakai cara yang rumit, asalkan mereka tertarik bisa jadi membuat mereka ingin membeli produk itu. Wanita memiliki hasrat untuk membeli barang bukan karena dibutuhkan tapi sering karena merasa suka dengan barang tersebut. Ketika mereka tertarik dengan suatu benda ada beberapa hal yang membuat mereka tertarik. Mulai dari bentuknya yang unik dan lucu, harganya yang murah ataupun tergoda dengan rayuan pembeli.

    -WHEN
    Kapan produk itu harus dibuat? Cotton Ink membuat produk ini sebelum adanya orderan dari pelanggan. Jadi, Cotton Ink mendesain sendiri model baju yang akan dijualnya. Cotton Ink membuat baju dengan stock yang tidak terlalu banyak, tetapi jika baju itu sudah soldout dan masih banyak peminat nya mereka akan me-restock baju tersebut.

    -WHERE
    Dimana produk akan dibuat atau dimana bisnis akan dilakukan? Cotton Ink memasarkan produknya melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, tumblr dan pinterest. Cotton Ink pun memiliki website yaitu http://www.cottonink.co.id . Selain melalui media sosial, produk Cotton Ink pun tersebar di beberapa kota besar Indonesia melalui toko-toko offline jika di jakarta terdapat di goods dept, pacific place, dan memiliki toko sendiri yaitu di jalan Kemang Timur Raya No.74 C. Jika di Bandung terdapat di ESTplus, Widley Project dan Happy Go Lucky. Sedangkan di Surabaya konsumen bisa mendapatkan produk Cotton Ink di butik ORE. Selain pasar dalam negeri Cotton Ink pun sudah mendapatkan pesanan dari Singapura, Malaysia, Australia dan Eropa melalui website Cotton Ink.

  5. Model bisnis yang diterapkan oleh indofood adalah model bisnis kolektif terdiri dari empat model bisnis strategis yaitu :
    1. Produk Konsumen Bermerek (CBP). Kegiatan usahanya dilaksanakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tanggal 7 Oktober 2010. ICBP merupakan salah satu produsen makanan dalam kemasan terkemuka di Indonesia yang memiliki berbagai jenis produk makanan dalam kemasan . Berbagai merek produk ICBP merupakan merek – merek yang terkemuka dan dikenal di Indonesia untuk makanan dalam kemasan.
    2. Bogasari, memiliki kegiatan usaha utama memproduksi tepung terigu dan pasta di pabrik indofood. Kegiatan usaha Grup ini didukung oleh unit perkapalan dan kemasan.
    3. Kegiatan operasional di bidang agribisnis dijalankan oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LONSUM), yang sahamnya tercatat di BEI , serta merupakan anak perusahaan Indofood Agri Resources Ltd (IndoAgri), yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura. Kegiatan usaha utama Grup ini meliputi penelitian dan pengembangan, pembibitan, permuliaan dan pengelola kelapa sawit hingga produksi dan pemasaran minyak goreng, margarin dan shortening bermerek. Disamping itu, kegiatan usaha Grup ini juga mencakup permuliaan dan pengolahan karet dan tebu serta tanaman lainnya.
    4. Distribusi, memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia. Grup ini mendistribusikan hampir seluruh produk konsumen Indofood dan anak-anak perusahaannya, serta berbagai produk pihak ketiga.
    Sumber : http://blog.stimednp.ac.id/etovhia182/2015/04/22/perusahaan-indofood-sukses-makmur/

  6. SSBD-03
    Nama anggota :
    Ferryn ramadhan 1401144066
    Wardania putri muchtar 1401140027
    Muhammad Haichal raihan 1401144384
    Muhamad Irfan Imanul Haque 1401144208
    Suriani 1401140118
    rifki dwimanhudiya 1401144230

  7. Wak Doyok

    What :
    Wak Doyok adalah suatu usaha bisnis start up yang bergerak di bidang fashion dan didirikan pada tahun 2013.
    Why :
    Produk ini bermula pada saat owner yang bernama Mohd. Azwan Md Nor diberhentikan oleh tempat kerjanya di kawasan dermaga Port Klang. Hidupnya sukar dibuang teman-temannya karena penganggruan tanpa uang. Diantara masa itu lah dia perlahan-lahan mulai menumbuhkan rambut jambangnya. Berita gembira datang karena azwan bisa mendapatkan pekerjaan sambilan di butik Ben Sherman. Tetapi sesampainya disana malah ditolak karena penampilannya tidak cocok. Tidak mau berputus asa akhirnya azwan kembali ke butik untuk kedua kalinya. Beruntung karena dia sudah merubah bentuk tampilannya sehingga mendapatkan gaji yang besar yakni 1200 ringgit Malaysia. Pertama kali menumbuhkan jambang azwan mengalami kesulitan. Ia akhirnya membuat produk sendiri yang dinamakan Wak doyok. Insipirasi itu datang dari beberapa produknya yang ia beli yaitu wax khusus untuk pelentik kumis dan jambangnya. Setelah itu azwan menjual Wak Doyok secara online di media sosial.
    How :
    Cara Pemakaian :
    1. Tube bisa ditekan dan krim di tuang ke ujung jari kedua tangan, tidak perlu banyak-banyak secukupnya saja.
    2. Aplikasikan produk krim Wak Doyok di area tubuh atau wajah yang diinginkan sambil memijat-mijatnya pelan hingga krim benar-benar dapat terserap kulit.
    3. Disarankan untuk senantiasa menggunakan krim ini 2-3 kali dalam sehari sesudah mandi. Lakukan secara rutin mengikuti aturan pemakaian ini.
    Bahan :
    • Buah Zaitun (Oleauerofea)
    • Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia)
    • Bunga Kembang Sepatu (Hisbicus)
    • Buah Kelapa (Virgin Coconut)
    • Tumbuhan / Tanaman Ganggang (Spirulina)
    • Habatussauda / Biji Hitam (Nigella Sativa)
    • Biji Pala (Aleurites Moluccana)
    • Biji Buah Pepaya (Seed Carica Papaya).

    Who :
    Segmentasi pasar nya adalah semua kalangan pria yang ingin menumbuhkan bulu-bulu di sekitar area tubuh yang diinginkan. Wak doyok tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi jenis kulit apapun karena setiap bahannya dijamin halal 100% dan menggunakan bahan-bahan alami sehingga dijamin aman, bahkan untuk wanita yang ingin menumbuhkn rambut supaya lebih lebat.
    When :
    Awal nya produk ini bermula disaat azwan menumbuhkan jambang dan kumisnya. Sebagai anak muda azwan sadar sosial media. Termasuk instagram, dari situ azwan sering berselfie ria sambil memamerkan jambang dan kumisnya. Beragam respon positif dan negatif telah diterimanya. Tetapi justru inila efek viral sehingga dia mendapatkan lebih banyak perhatian. Sebuah viral marketing tidak sengaja memantapkan kesadarannya dan setelah itu azwan menjual Wak Doyok secara online.
    Where:
    Product Wak Doyok dibuat di Malaysia dan sudah menyebar hampir ke seluruh Asia. Wak Doyok Krim kini akan mempunyai distributor resmi di Indonesia yang mendistribusikan keseluruh wilayah dan kota – kota besar di Indonesia. Produk Wak Doyok Krim ini akan kita perkenalkan dan diarahkan di website, outlet / distro, dan barbershop.

    Daftar Pustaka
    http://www.nabilaherbal.com/wak-doyok-cream/
    http://www.wakdoyokindonesia.com/
    https://komunitas.bukalapak.com/s/rkkp3h/wak_doyok_siapakah_dia_dari_kuli_bangunan_sampai_aktor

    SCBD-03

    Ferryn Ramadhan 1401144066
    Wardania Putri Muchtar 1401140027
    Muhamad Irfan Imanul Haque 1401144208
    Suriani 1401140118
    Rifki dwiman hudiya 1401144230
    Muhammad Haichal Raihan 1401144384

  8. MB-SSBD1-B
    Azzahra A T 1401140163
    Dwina Aprilla 1401140350
    Dyah Fairuz 1401144427
    Ghyfari M P 1401144183
    Ilal Wardani 1401144075
    Maraya Azizah 1401144042

    Penerapan Model Bisnis Arromanis

    Arromanis

    What :
    Arromanis merupakan suatu usaha start up di bidang penjualan makanan. Aromanis berdiri pada tahun 2012.

    Why :
    Produk ini dibuat berawal ketika sang owner yang bernama Arnita Sunaryo mengidap penyakit hepatitis yang mengakibatkan sang owner tidak bisa memakan makanan yang terlalu manis. Akhirnya setelah sembuh Arnita terinspirasi membuat kue yang tidak terlalu manis untuk diri dia sendiri dan dibantu oleh saudaranya. Pertama kali arnita membuat kue ia meminta teman-temanya untuk mencicipi kue tersebut, kue yg ditawarkanya termasuk kedalam jenis kue cup cake. Tidak disangka ternyata respon teman-teman arnita sangat menyukai cup cake tersebut sehingga teman-teman arnita memesan cup cake tersbut untuk acara ulang tahun. Ini yang menginspirasi arnita untuk menjual cup cake tersebut secara online.

    How :
    Cara Membuat :
    1. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier hingga putih dan mengembang.
    2. Kemudian tambahkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk-aduk hingga rata.
    3. Masukkan margarin dan coklat yang telah dilelehkan, lalu aduk hingga rata.
    4. Setelah itu tuang adonan tersebut ke dalama cetakan muffin yang telah dialasi dengan paper cup hingga 3/4 penuh.
    5. Lalu kukuslah cetakan adonan tadi kurang lebih selama 15 menit hingga matang.
    6. Angkat, dinginkan, dan cupcake siap untuk dihidangkan.
    Bahan :
    – 250 gram tepung terigu
    – 120 gram gula pasir
    – 100 gram cheddar cheese, potong-potong
    – 80 gram mentega
    – 200 ml susu kental manis
    – 2 butir telur ayam
    – 2 sendok teh baking powder
    – 1/4 sendok teh garam

    When :
    Awalnya produk ini dibuat ketika adanya pesanan saja, tetapi seiring dengan berjalannya waktu pesanan semakin banyak sehingga Arnita membuat tokonya sendiri bernama Arromanis Corner Store. Setelah didirikannya toko, Arnita harus membuat kuenya setiap hari untuk memenuhi stok di toko.

    Where :
    Produk yang Arnita tawarkan dijual di Arromanis Corner Store dan juga via online. Arnita memproduksi kuenya di rumahnya yang terletak di Dago Pakar Bandung.

    Who:
    Segmentasi pasar dari Arromanis adalah semua kalangan yang menyukai kue dengan rasa yang enak tetapi tidak terlalu manis karena kue yang dibuat di Arromanis menggunakan kadar gula yang rendah.

  9. BAGUS KUSUMA PERDANA, SHINTA MUTIARA, ZULIKHA NINIEKASARI, MUNGIL BUNGA BELLA SYAHADAH, BAGAS PRIA PRAMUDIKA, OSCAR BUDIMAN says:

    Nama kelompok : BAGUS KUSUMA PERDANA 1401140011
    SHINTA BUDIMAN 1401144134
    ZULIKHA NINIEKASARI 1401144429
    MUNGIL BUNGA BELLA SYAHADAH 1401144348
    BAGAS PRIA PRAMUDIKA 1401140395
    OSCAR BUDIMAN 1401140388
    Kelas Scbd – 02 – kelas B

    1. Rencana Bisnis
    Produk apa yang akan dibuat ? (WHAT)

    -Sebuah situs web berbagi video yang menggunakan teknologi adobe flash video dan HTML 5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna , termasuk klip film , klip tv , dan video musik . Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan. Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.
    Mengapa produk itu dibuat ? (WHY)
    sarana untuk memasarkan produk. Bagi anda yang memiliki usaha dapat menggunakan website ini dengan cara mengupload video anda tersebut ke youtube sehingga bisa dibilang sebagai sarana iklan yang gratis. Manfaat lainnya adalah dapat berbagai ilmu. Bukan hanya sebagai sarana hiburan, namun beberapa pengguna youtube juga mengupload bermacam-macam tutorial yang sangat berguna. Contohnya seperti resep masakan atau tutorial untuk memainkan alat musik sehingga anda tidak harus kursus jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang banyak.
    Bagaimana membuatproduk? (HOW)
    Februari 2005, tiga orang mantan pegawai Paypal, Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim menciptakan sebuah situs dimana para penggunanya bisa mengunggah, melihat, dan berbagi video yang kemudian memberinya nama YouTube dan mendaftarkan domainnya yang beralamat di youtube.com pada 14 Februari 2005. Seperti kebanyakan startup lainnya, YouTube memulai proyeknya dengan biaya dari angel-investor (sebutan untuk investor informal perorangan yang sering menginvestasikan uangnya ke perusahaan/startup baru) dan memulai karirnya dari garasi. Butuh waktu 3 bulan bagi mereka untuk merampungkan YouTube hingga akhirnya YouTube diperkenalkan ke publik pada bulan Mei 2005.
    Siapa target pasar Youtube? (WHO)
    Masyarakat yang digunakan untuk eksis, video youtube sebagai sarana promosi. Di gunakan juga untuk para pembisnis keuntungan yang didapatkan dari menggunakan video youtube untuk bisnis adalah memperkenalkan merek produk, meyakinkan para konsumen, membuat target pasar lebih luas, dan membuat Anda lebih mudah menemukan website.
    Kapan produk itu harus dibuat? ( WHEN)
    Produk youtube harus dibuat ketika adanya peluang pasar di masyarakat luas. Karena pada saat itu belum ada pesaing di dunia media social yang dapat mencari situs yang berisis hanya video saja. Ketika itu salah satu pembuat situs youtube Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan “tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen”
    YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

    Dimana produk akan dibuat atau dimana bisnis akan dilakukan? ( WHERE )

    YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain http://www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
    YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama “Shows”. Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan “Shows” untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring,yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

  10. Sutan M Hannief (1201130421), Ernando Rochmad Yunio (1201134088) / MB-SSBD1-B

    5 W + 1 H PT. GO-JEK
    What ?
    GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kami bermitra dengan sekitar 200.000 pengendara ojek yang berpengalaman dan terpercaya di Indonesia, untuk menyediakan berbagai macam layanan, termasuk transportasi dan pesan antar makanan. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada tiga nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial. Para Driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka meningkat semenjak bergabung sebagai mitra, mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, serta mendapat akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami.
    Why ?
    Perusahaan ini bertujuan untuk menghubungkan antara ojek dengan penumpang ojek. Mengingat dimana para ojek pangkalan yang hanya menghabiskan banyak waktu dipangkalan dan belum tentu mendapatkan pelanggan. Dan seiring meningkatnya mobilitas masyarakat terutama di kota-kota besar yang menuntut segala sesuatunya serba mudah dan cepat, salah satunya adalah pada bidang transportasi
    How ?
    Dengan cara mengajak para driver ojek pangkalan untuk bermitra bersama PT GO-JEK dengan pembagian hasil yang disepakati secara bersama. Perusahaan ini juga membuat semacam aplikasi pada smartphone yang memungkinkan seluruh masyarakat dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memesan ojek secara on-line serta dengan mudah dan cepat. Pengguna juga dapat membayar secara kredit serta mengetahui keberadaan driver ojek yang akan menjemput pengguna.
    Who ?
    Segmentasi pasar dari PT. GO-JEK adalah seluruh masyarakat, terutamamasyarakat yang mempunyai mobilitas yang tinggi serta ingin segala sesuatunya serba instant, cept, mudah, murah dan nyaman.

    When ?
    PT GO-JEK berdiri pada tahun 2011. Dengan melihat perkembangan teknologi dan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi terutama di kota-kota besar, menimbulkan sebuah peluang bisnis. Terutama pada bidang transportasi melalui media on-line. Masyarakat tentunya menginginkan alat transportasi dengan kualitas yang memadai dan aman serta dapat di akses dimana pun dan kapan pun.
    Where ?
    Target lokasi yang dituju oleh PT. GO-JEK adalah kota-kota besar di Indonesia terutama di daerah yang memiliki masyarakat dengan mobilitas yang tinggi. GO-JEK telah resmi beroperasi di 10 kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Medan, Semarang, Palembang, dan Balikpapan dengan rencana pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.

  11. Manajemen Usaha Baru – C
    Farhan Andryan Yus 1401144428
    Fathur Fadlillah Nugraha 1401144136
    Hari Kurniadi Thamrin 1401144307
    Maman Hermawan 1401144422
    Yudi Syafriza 1401142219

    Penerapan Model Bisnis Pada Perusahaan
    Apple merupakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi. Untuk bisa menjadi sebesar ini tentunya banyak hal yang telah dilalui dari perusahaan Apple sendiri. Salah satu bisnis model yang diterapkan oleh Apple yaitu Model Bisnis eksklusivitas, yaitu model yang dirintis perusahaan agar merek mereka mendapat tempat tersendiri di hati konsumennya. Model bisnis ini membantu menciptakan situasi kelangkaan buatan, dan memberikan daya negosiasi yang lebih tinggi untuk perusahaan dari pelanggan.
    Berikut model bisnis yang diterapkan oleh Apple :
    1.Inovasi dan Eksklusivitas
    Kembali ke tahun 2001 dimana Steve Jobs memperkenalkan ipod,sebuah benda kecil yang sangat berguna untuk memutar sebuah lagu yang berukuran kecil dan sangat ringan. Ataupun perusahaan yang menghadirkan sebuah smartphone eksklusif bukan karena harganya, namun karena kualitas gadget dan nilai artistik yang tinggi melalui iPhone. Dua kata ‘Inovasi dan Eksklusif’ yang menjadikan Apple unggul menandingi saingan mereka. Walau pasar android merajalela, namun profit Apple tidak ada yang mengalahkan.

    2.Bisnis Kesetiaan (Loyalty)
    Apple mampu mencuri hati para pelanggannya melalui produk-produk yang mereka luncurkan. Seakan seperti menghipnotis pelanggannya, Apple mampu dengan mudahnya membuat konsumen kembali membeli produknya. Menurut survei yang dilakukan oleh survermonkey, 99% pengguna iPhone puas dengan perangkatnya. Selain itu dengan sistem yang saling terintegrasi,pengguna iPhone cenderung akan memilih macbook sebagai perangkat laptopnya.

    3.Experience Para Pengguna
    Pelanggan bisa juga menjadi sarana promosi untuk meningkatkan merek. Bagaimana caranya? Tentu kita sebagai produsen dari suatu produk harus mampu menghadirkan sebuah produk yang dapat memuaskan pelanggan sehingga pelanggan menjadi memiliki sebuah pengalaman baik dan pada ujungnya pelanggan tersebut pun akan merekomendasikan produk kita ke kerabat terdekatnya secara. Ini merupakan salah satu cara promosi yang gratis.

  12. Kelas: SCBD B
    Nama anggota :
    Arricha Faiza 1401144265
    Anashtiti P. Y. 1401140199
    Triki aulia akbar 1401142145
    Anwar rasyid lubis 1401144354
    Itqoon Hanif 1401142448
    Bayu Satria Byantoko 1401140013

    Jasa trasportasi yang bergerak di bidang penerbangan yang melayani rute penerbangan domestik dan internasional. Jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin melakukan perjalanan domestik maupun internasional dengan mengutamakan pelayanan, kenyamanan dan keamanan dalam penerbangan. Target pasar yang dituju adalah masyarakat menengah ke atas. Berpusat di bandara-bandara di Indonesia, Garuda siap mengantar konsumen ke tempat-tempat wisata dan kota atau negara yang ingin dituju.
    Layanan jasa ini semakin berkembang, semenjak banyak orang yang ingin berpergian dengan cepat, aman, nyaman dan pengalaman yang menarik ketika berada dalam maskapai. Garuda Indonesia mengedepankan tema budaya Indonesia dengan meluncurkan “Garuda Indonesia Experience” pada tahun 2009. Menghadirkan kerahmahtamahan, budaya, dan hal terbaik dari Indonesia melalui konsep sight, sound, scent, taste, and touch.

  13. Kelas SCBD B
    Nama Anggota:
    Arricha Faiza 1401144265
    Anashtiti P. Y. 1401140199
    Triki Aulia A. 1401142145
    Anwar Rasyid 1401144354
    Itqoon Hanif 1401142448
    Bayu Satria B 1401140013

    Jasa trasportasi yang bergerak di bidang penerbangan yang melayani rute penerbangan domestik dan internasional. Jasa yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin melakukan perjalanan domestik maupun internasional dengan mengutamakan pelayanan, kenyamanan dan keamanan dalam penerbangan. Target pasar yang dituju adalah masyarakat menengah ke atas. Berpusat di bandara-bandara di Indonesia, Garuda siap mengantar konsumen ke tempat-tempat wisata dan kota atau negara yang ingin dituju.
    Layanan jasa ini semakin berkembang, semenjak banyak orang yang ingin berpergian dengan cepat, aman, nyaman dan pengalaman yang menarik ketika berada dalam maskapai. Garuda Indonesia mengedepankan tema budaya Indonesia dengan meluncurkan “Garuda Indonesia Experience” pada tahun 2009. Menghadirkan kerahmahtamahan, budaya, dan hal terbaik dari Indonesia melalui konsep sight, sound, scent, taste, and touch.

  14. MANAJEMEN USAHA BARU (MB-SSBD1-B)

    Oleh:
    ➢ Alia Ulfah Rosyidah—1401140293
    ➢ Bagaskara Murti K—1401140447
    ➢ Falih Bagus Prasetyo—1401144373
    ➢ Galuh Adi Prasetyo—1401140447
    ➢ Radityo Pranandaru—1401140172
    ➢ Reynaldy Melza P—1401144337

    Rencana bisnis:
    1. What : Rumah teh “Sixtea”.
    2. Why : Untuk menciptakan diferesiasi pasar yang sejauh ini didominasi oleh berbagai macam kedai kopi, membantu pengembangan ekonomi bidang agrikultur Indonesia, sekaligus memperkenalkan berbagai macam varian teh .
    3. Who : Semua umur dengan fokus utama pelajar dan pekerja laki-laki dan perempuan.
    4. Where : Dibuat di daerah dataran tinggi, seperti Bukit Moko, Dago, atau Punclut.
    5. When : Pembangunan dan pengembangan selama 2 tahun
    6. How : Melakukan penanaman modal, pencarian supplier, melakukan pembangunan rumah teh, pengembangan produk, penjualan produk, pemasaran, dan survey.

    Penjelasan
    Pembangunan bisnis rumah teh bernama Sixtea (baca: sixty) diambil dari bahasa Inggris six atau angka enam, yang memiliki maksud bahwa tea shop ini didirikan oleh enam orang, sedangkan tea memiliki arti kata teh. Sixtea yang dibaca sixty atau 60, memiliki arti bahwa setiap jam memiliki 60 menit dan kita dapat menikmati teh kapan saja. Sixtea akan menyediakan berbagai macam varian rasa teh dengan memberikan inovasi dan variasi terhadap menu yang ditawarkan.
    Terciptanya ide membangun sebuah rumah teh diantaranya adalah pasar Indonesia sejauh ini didominasi dengan berbagai kedai kopi yang menawarkan berbagai macam kopi dengan gaya penyajian yang berbeda. Kami menyadari adanya peluang pasar, dimana bahan baku teh juga dapat diberikan banyak variasi baik terhadap rasa, penyajian, dan teknik. Selain itu, banyaknya tanaman jenis teh yang memiliki rasa beraneka ragam pun ada di Indonesia sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi sektor agrikultur yang baik khususnya terhadap petani teh di Indonesia.
    Sixtea dapat dikonsumsi oleh semua umur, menjadikan target utama pasar Sixtea adalah kepada pecinta dan peminum teh Indonesia khususnya di Bandung, baik laki-laki maupun perempuan, dengan rentangan usia 15 tahun keatas (menjangkau pelajar, pekerja, dan lansia). Menurut kami, kriteria tersebut merupakan salah satu segmen pasar yang tepat.
    Sixtea memiliki rencana pembukaan gerai di daerah dataran tinggi, seperti Bukit Moko, Dago, atau Punclut dengan pertimbangan bahwa lokasi-lokasi tersebut menjadi salah satu tujuan wisata, dan tempat tersebut merupakan salah satu dataran tinggi yang memiliki suhu dingin.
    Direncanakan dalam waktu dua tahun, Sixtea akan membuka rumah teh pertama di salah satu lokasi yang dipilih. Selama dua tahun, Sixtea akan melakukan pelatihan, pengembangan produk, pemasaran, penjualan produk, serta melakukan survey terhadap produk dan layanan.
    Untuk menjalankan bisnis rumah teh Sixtea, ada beberapa langkah yang akan dilakukan agar usaha dapat berjalan serta berhasil dilebarkan, diantaranya adalah:
    • Penanaman modal—modal awal yang dibutuhkan sekitar 50 juta.
    • Mencari supplier teh—dengan adanya berbagai macam teh serta kebun teh di Indonesia, maka harus dilakukan pencarian supplier teh terbaik guna memberikan teh terbaik untuk konsumen.
    • Melakukan pembangunan rumah teh—pembangunan bangunan serta dekorasi terhadap rumah teh.
    • Pengembangan produk—melakukan banyak inovasi dan variasi terhadap bahan dasar teh, sehingga konsumen tidak merasa jenuh dengan variasi teh yang itu-itu saja.
    • Penjualan produk—penjualan produk sebagai salah satu bentuk perolehan penambahan modal awal serta merupakan salah satu langkah pengenalan rumah teh terhadap konsumen.
    • Pemasaran—pemasaran dilakukan dengan tujuan rumah teh Sixtea menjadi dikenal dan memiliki
    • Survey—melakukan survey untuk peningkatan kualitas produk dan layanan.

  15. Penerapan E-Bussiness Pada PT. Garuda Indonesia Airline

    Apa itu E-Bussiness? E-Bussiness merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komukasi oleh suatu perusahaan atau individu untuk mengelola bisnis sehingga dapat memberikan keuntungan atau peningkatan efisiensi, produktivitas dan profit.

    Secara umum e-business dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu : Business to business (B2B) dan Business to Consumer (B2C). Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis, sedangkan Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko online (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer. Dalam Business to Business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal atau sesama perusahaan. Sedangkan dalam Business to Customer, sifatnya terbuka untuk publik sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server.

    PROFIL PERUSAHAAN

    Nama Perusahaan : PT. Garuda Indonesia Airline

    Alamat Kantor Pusat : Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 13 Jakarta 10110

    Telepon : (021) 231 2612

    Faksimili : (021) 381 1486

    Email : [email protected]
    Website : http://www.garuda-indonesia.com

    Cabang di Indonesia : 21 Kantor Cabang

    Cabang du Luar Negri : 24 Kantor Cabang

    Bidang Usaha : Jasa Angkutan Udara

    Model bisnis, layanan, dan revenue yang digunakan oleh Garuda Indonesia adalah Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Consumer (B2C), dimana dalam setiap model bisnis yang digunakan oleh Garuda Indonesia selalu diupayakan inovasi-inovasi dalam setiap layanannya untuk meningkatkan kualitas dari pengalaman yang akan ditawarkan. Hal ini merupakan faktor yang sangat penting dalam menjalankan e-business perusahaan.

    Strategi pengembangan produk dan pasar yang dilakukan oleh Garuda Indonesia adalah dengan market development, dimana channel online disini digunakan untuk melakukan transaksi penjualan ke pasar baru, memperoleh keuntungan dari rendahnya biaya advertising secara internasional tanpa membutuhkan dukungan infrastruktur penjualan dari wilayah pelanggan. Penggunaan internet disini sangat membantu Garuda Indonesia untuk memasuki pasar baru yang diberikan oleh rute mereka dengan alokasi biaya yang lebih efektif.

    Ketua : Desi Suprasistyo
    Anggota : Fandy Hervatarianto
    Muhammad Adliansyah
    Vera Anggrainy

  16. MB-SSBD1-B
    Afif Nuradiansyah 1401140415
    Fikrulirsyad 1401140349
    Meidiana Chairunisa 1401140184
    Naufaldy Mahas 1401142371
    Sarah Dwi Noviati 1401144194

    Produk apa yang akan dibuat ? (WHAT)

    sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

    Mengapa produk itu dibuat ? (WHY)

    Kapan pun Anda terpisah, Skype menyatukan Anda. Pesan instan, panggilan suara dan video Skype memudahkan Anda untuk berbagi pengalaman dengan orang penting dalam hidup Anda, di mana pun mereka berada. Dengan Skype, Anda dapat berbagi cerita, merayakan ulang tahun, mempelajari bahasa, mengadakan rapat, bekerja dengan kolega – segala hal yang perlu Anda lakukan bersama setiap harinya. Anda dapat menggunakan Skype pada perangkat yang paling sesuai dengan Anda – pada telepon atau komputer atau TV dengan Skype terinstal. Mulai gunakan Skype dengan gratis – misalnya untuk berbicara, melihat, dan mengirim pesan instan kepada orang lain di Skype. Anda bahkan dapat mencoba panggilan video grup, dengan versi terbaru Skype.

    Bagaimana membuatproduk? (HOW)

    Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

    Siapa target pasar Youtube? (WHO)

    Skype menargetkan pada pasar profesional bisnis terutama mereka yang beroperasi dalam pasar global. Oleh karena itu, fitur dan konektifitas pada Skype akan lebih fokus pada apa yang diperlukan pada kebutuhan bisnis individu.

    Kapan produk itu harus dibuat? ( WHEN)

    Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323
    Dimana produk akan dibuat atau dimana bisnis akan dilakukan? ( WHERE )
    Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

  17. Nama Anggota Kelompok:
    – M. Rynaldi A.K. 14011404264
    – Aulia Shalmaa Putri Renadie 1401144385
    – Rahmi Kamilia 1401140096
    – M. Faried Baharuddin 1401140041
    – Rizky Eka Wahyu N. 1401140077

    Kelas: MB-SSBD-B

    WHAT : DelivKu adalah aplikasi mobile sejenis E-Commerce yang menyediakan semua jenis barang kebutuhan mahasiswa yang dapat dibeli secara online dan langsung diantar sampai depan pintu kosan oleh kurir Delivku yang disebut Deliv Man. Barang yang ditampilkan di DelivKu adalah barang dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dengan radius 2KM dari kampus. Jika biasanya hanya makanan yang bisa dibeli secara delvery, DelivKu menyediakan semua jenis barang kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti alat tulis kerja, bahan makanan mentah, pulsa, paket kuota internet, alat rumah tangga dan peralatan mandi.

    Ongkos kirim di DelivKu sangat terjangkau bagi mahasiswa, yaitu hanya Rp 2.000,00- per order yang dibayar langsung bersama orderan saat kurir mengantar barangnya. Dengan system online terintegrasi dan jaminan waktu antar hanya 20 menit, DelivKu akan membantu pengembangan UMKM disekitar kawasan kampus, sekaligus membantu mahasiswa mendapatkan segala kebutuhannya secara instan melalui layanan delivery.

    WHY : Area sekitar kampus dipadati oleh mahasiswa dan UMKM yang menjajakan jualannya kepada mahasiswa. Saat ini, mahasiswa banyak yang membeli barang secara Delivery, tetapi mayoritas UMKM tersebut belum punya fasilitas delivery akibat biaya SDM khusus delivery yang mahal, jika setiap UMKM harus punya pegawai delivery sendiri. Walaupun beberapa UMKM sudah memiliki fasilitas delivery, fasilitas dari UMKM tersebut tidak efektif dan efisien karena memakan waktu antaran yang lama mencapai 60 menit, cara pemesanan yang rumit dan sering kali barang yang datang tidak sesuai pesanan. Penggunaan layanan jasa kurir lain seperti Gojek pun dinilai tidak solutif bagi mahasiswa karena ongkos kirim yang mahal mencapai Rp 25.000,00-.

    HOW : Jasa DelivKu bekerja dengan cara :
    – Customer memilih dan menginput barang yang ingin dibeli
    – Kurir menerima notifikasi data orderan customer
    – Kurir mengambil dan membeli barang orderan customer
    – Kurir mengantar barang ke customer
    – Customer menerima barang dan membayar barang ditambah biaya jasa ke kurir

    WHO : Mahasiswa yang tinggal di kostan/asrama sekitar wilayah kampus.

    WHEN : Timeline DelivKu
    – Pengembangan Aplikasi : September-Oktober 2016
    – Pengisian Produk : Oktober-November 2016
    – Launching Delivku : Desember 2016

    Jam Operational
    06:00 – 24:00

    WHERE : Bisnis DelivKu akan dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kampus besar di Seluruh Indonesia, dengan pilot project di Telkom University, Bandung.

  18. Kelompok:
    – M. Rynaldi F. AK 1401140426
    – Aulia Shalmaa Putri Renadie 1401144385
    – Rahmi Kamilia 1401140096
    – M. Faried Baharuddin 1401140041
    – Rizky Eka Wahyu N. 1401140077

    Kelas: MB-SSBD-B

    WHAT : DelivKu adalah aplikasi mobile sejenis E-Commerce yang menyediakan semua jenis barang kebutuhan mahasiswa yang dapat dibeli secara online dan langsung diantar sampai depan pintu kosan oleh kurir Delivku yang disebut Deliv Man. Barang yang ditampilkan di DelivKu adalah barang dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dengan radius 2KM dari kampus. Jika biasanya hanya makanan yang bisa dibeli secara delvery, DelivKu menyediakan semua jenis barang kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti alat tulis kerja, bahan makanan mentah, pulsa, paket kuota internet, alat rumah tangga dan peralatan mandi.

    Ongkos kirim di DelivKu sangat terjangkau bagi mahasiswa, yaitu hanya Rp 2.000,00- per order yang dibayar langsung bersama orderan saat kurir mengantar barangnya. Dengan system online terintegrasi dan jaminan waktu antar hanya 20 menit, DelivKu akan membantu pengembangan UMKM disekitar kawasan kampus, sekaligus membantu mahasiswa mendapatkan segala kebutuhannya secara instan melalui layanan delivery.

    WHY : Area sekitar kampus dipadati oleh mahasiswa dan UMKM yang menjajakan jualannya kepada mahasiswa. Saat ini, mahasiswa banyak yang membeli barang secara Delivery, tetapi mayoritas UMKM tersebut belum punya fasilitas delivery akibat biaya SDM khusus delivery yang mahal, jika setiap UMKM harus punya pegawai delivery sendiri. Walaupun beberapa UMKM sudah memiliki fasilitas delivery, fasilitas dari UMKM tersebut tidak efektif dan efisien karena memakan waktu antaran yang lama mencapai 60 menit, cara pemesanan yang rumit dan sering kali barang yang datang tidak sesuai pesanan. Penggunaan layanan jasa kurir lain seperti Gojek pun dinilai tidak solutif bagi mahasiswa karena ongkos kirim yang mahal mencapai Rp 25.000,00-.

    HOW : Jasa DelivKu bekerja dengan cara :
    – Customer memilih dan menginput barang yang ingin dibeli
    – Kurir menerima notifikasi data orderan customer
    – Kurir mengambil dan membeli barang orderan customer
    – Kurir mengantar barang ke customer
    – Customer menerima barang dan membayar barang ditambah biaya jasa ke kurir

    WHO : Mahasiswa yang tinggal di kostan/asrama sekitar wilayah kampus.

    WHEN : Timeline DelivKu
    – Pengembangan Aplikasi : September-Oktober 2016
    – Pengisian Produk : Oktober-November 2016
    – Launching Delivku : Desember 2016

    Jam Operational
    06:00 – 24:00

    WHERE : Bisnis DelivKu akan dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kampus besar di Seluruh Indonesia, dengan pilot project di Telkom University, Bandung.

  19. Kelompok:
    – M. Rynaldi F. AK 1401140426
    – Aulia Shalmaa Putri Renadie 1401144385
    – Rahmi Kamilia 1401140096
    – M. Faried Baharuddin 1401140041
    – Rizky Eka Wahyu N. 1401140077

    Kelas: MB-SSBD-B

    WHAT : DelivKu adalah aplikasi mobile sejenis E-Commerce yang menyediakan semua jenis barang kebutuhan mahasiswa yang dapat dibeli secara online dan langsung diantar sampai depan pintu kosan oleh kurir Delivku yang disebut Deliv Man. Barang yang ditampilkan di DelivKu adalah barang dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sekitar kampus dengan radius 2KM dari kampus. Jika biasanya hanya makanan yang bisa dibeli secara delvery, DelivKu menyediakan semua jenis barang kebutuhan sehari-hari mahasiswa, seperti alat tulis kerja, bahan makanan mentah, pulsa, paket kuota internet, alat rumah tangga dan peralatan mandi.

    Ongkos kirim di DelivKu sangat terjangkau bagi mahasiswa, yaitu hanya Rp 2.000,00- per order yang dibayar langsung bersama orderan saat kurir mengantar barangnya. Dengan system online terintegrasi dan jaminan waktu antar hanya 20 menit, DelivKu akan membantu pengembangan UMKM disekitar kawasan kampus, sekaligus membantu mahasiswa mendapatkan segala kebutuhannya secara instan melalui layanan delivery.

    WHY : Area sekitar kampus dipadati oleh mahasiswa dan UMKM yang menjajakan jualannya kepada mahasiswa. Saat ini, mahasiswa banyak yang membeli barang secara Delivery, tetapi mayoritas UMKM tersebut belum punya fasilitas delivery akibat biaya SDM khusus delivery yang mahal, jika setiap UMKM harus punya pegawai delivery sendiri. Walaupun beberapa UMKM sudah memiliki fasilitas delivery, fasilitas dari UMKM tersebut tidak efektif dan efisien karena memakan waktu antaran yang lama mencapai 60 menit, cara pemesanan yang rumit dan sering kali barang yang datang tidak sesuai pesanan. Penggunaan layanan jasa kurir lain seperti Gojek pun dinilai tidak solutif bagi mahasiswa karena ongkos kirim yang mahal mencapai Rp 25.000,00-.

    HOW : Jasa DelivKu bekerja dengan cara :
    – Customer memilih dan menginput barang yang ingin dibeli
    – Kurir menerima notifikasi data orderan customer
    – Kurir mengambil dan membeli barang orderan customer
    – Kurir mengantar barang ke customer
    – Customer menerima barang dan membayar barang ditambah biaya jasa ke kurir

    WHO : Mahasiswa yang tinggal di kostan/asrama sekitar wilayah kampus.

    WHEN : Timeline DelivKu
    – Pengembangan Aplikasi : September-Oktober 2016
    – Pengisian Produk : Oktober-November 2016
    – Launching Delivku : Desember 2016

    Jam Operational
    06:00 – 24:00

    WHERE : Bisnis DelivKu akan dilakukan di wilayah-wilayah sekitar kampus besar di Seluruh Indonesia, dengan pilot project di Telkom University, Bandung.

  20. Four to five associated with this fruit juice have to be consumed weekly to obtain the desired result. Core maca from the supplier energetix is definitely an herb that tests quite well for a number of males.

Leave a Reply to Alia Ulfah RosyidahCancel reply